Sabtu, 06 November 2010

Sudahkah Berbuat Baik pada Diri Sendiri???

Tolong tanyakan pada dirimu, sampai saat ini, kebaikan apa yang telah kau berikan pada dirimu sendiri? Bagi tubuh dan Rohanimu…Atau justru telah meracuninya selama ini? Begitu, bunyi batinku pagi ini…..Sebuah pertanyaan yang malu untuk aku menjawabnya!



Suatu hari saya membaca sebuah tulisan di Kompas cetak dengan judul yang cukup mengelitik hati saya, ‘JK INGIN TERUS BERBUAT BAIK UNTUK BANGSA’. Tentunya kita semua sudah tahu siapa JK? Yakni bapak Jusuf Kalla mantan wakil presiden kita, yang baru saja berakhir masa tugasnya. Bapak Jusuf Kalla seperti kita tahu sangat berperan sekali dalam perdamaian di bebera wilayah di negeri kita yang dilanda kekacauan. Dari Aceh, Palu sampai Ambon. Beliau mengatakan walau sudah tidak menjadi wakil presiden lagi akan tetap berbuat yang terbaik untuk bangsa ini melalui bidang ekonomi, sosial dan keagamaan. Suatu keinginan yang mulia tentunya dan kita patut mendoakan.

Sekarang giliran aku untuk bertanya, perbuatan baik apa yang telah aku lakukan untuk bangsa ini? Rasanya tak ada jawaban yang bisa aku berikan, kecuali hanya bisa geleng-geleng kepala dan kemudian tertunduk malu. Jangankan untuk bangsa, untuk memberikan kebaikan kepada diri sendiri saja belum bisa sempurna, baik jasmani maupun rohani. Apakah selama ini aku sudah berbuat baik bagi tubuhku dengan menjaganya dan memperlakukannya dengan sebaik-baiknya dan seharusnya? Memberikan makanan yang bergizi dan sehat, bukan justru meracuninya dengan memberikan makanan yang tidak berguna?

Tanpa sadar selama ini demi kenikmatan lidah dan memuaskan keinginan, aku memasukan makanan - makanan yang hanya enak dan mengundang selera tapi tidak bermanfaat bagi kesehatan malahan bisa menurunkan kesehatan. Meminum minuman keras dan merokok contohnya. Melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat merusak dan membahayakan tubuh ini, begadang dan berkelahi misalnya.


Dimana selama ini juga aku lebih seringkali memberi makanan yang beracun kepada rohaniku dengan bacaan-bacaan , tontonan, penglihatan dan pikiran yang sesat dan kotor daripada memberinya santapan berupa firman-firman Tuhan dan kegiatan yang memberi pengaruh positif yang bisa membangun dan memperkuat rohaniku! Jadi, langkah pertama untuk menuju kepada perbuatan baik yang lebih besar adalah dengan memulainya berbuat baik dulu pada diri sendiri, dengan selalu menjaga kesehatan jasmani dan rohani . Setelah itu pasti banyak kebaikan lainnya yang bisa aku perbuat. Seringkali kita lebih memperhatikan hal- hal diluar dari diri kita dan hanya ingin melakukan hal yang besar.

Padahal apa yang ada pada diriku yang seharusnya lebih diperhatikan dan mulai mau mencoba melakukan hal-hal yang kelihatan kecil, namun sesungguhnya memberi pengaruh yang besar sekali. Sebuah senyuman! Siapa yang tidak bisa tersenyum? Berikan senyummu _ mulailah berikan pada dirimu , lalu kepada siapa saja dan dimana juga_, ia tanpa memerlukan biaya dan tenaga, tak akan pernah habis walau terus diberikan , ia hanya butuh sebuah ketulusan .

Semoga kesadaran ini selalu memberi inspirasi dan mengingatkan aku! Mulailah, lakukan kebaikan pada diri sendiri terlebih dahulu, sehingga mempunyai keyakinan untuk melakukan kebaikan bagi orang lain.
Semoga renungan ini memberikan kekuatan padaku untuk menjadi lebih baik lagi!

Comments :

0 komentar to “Sudahkah Berbuat Baik pada Diri Sendiri???”


Posting Komentar

Pengurus DKC Tanah Datar Masa Ke masa

Album Kenangan Kwarcab Tanah Datar