Rabu, 15 September 2010

Negara Lain Justru Ingin Meniru Pramuka Indonesia


Jakarta - Di saat Panja Pramuka DPR sedang studi banding ke Afsel, negeri yang Pramukanya gagal, justru banyak negara lain ingin meniru Pramuka di Indonesia. Pramuka di Tanah Air memiliki anggota yang sangat banyak dibandingkan negara-negara lainnya, yakni sekitar 17 juta orang. Hal itulah yang menarik perhatian negara lain, sehingga mereka ingin meniru Pramuka Indonesia.

"Yang lain ingin tahu tentang Pramuka yang berbasis sekolah seperti yang banyak berkembang di Indonesia. Kalau di negara lain kebanyakan Pramuka itu berbasis komunitas," ujar Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Prof Dr dr Azrul Azwar kepada detikcom, Rabu (15/9/2010).

Menurut dia, jumlah anggota Pramuka Indonesia yang demikian besar adalah karena setiap pelajar otomatis menjadi anggota Pramuka. Selain karena jumlah penduduk Indonesia yang besar.

Selama ini, lanjut Azrul, Indonesia bersama kepanduan lain dari berbagai negara sering kali mengikuti pelatihan bersama. Di saat lain Indonesia dan negara-negara lain saling mengundang ketika digelar acara semacam jambore nasional.

"Dalam Pramuka sebenarnya tidak ada belajar hal baru dari negara lain, karena semuanya sebenarnya sama. Standar. Jadi yang ada adalah saling lihat, misalnya dengan mengikuti kegiatan mereka, ikut jambore mereka," tutur mantan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) ini.

Pramuka Indonesia, tambahnya, berapa kali mengirim beberapa anggotanya untuk mengikuti berbagai pelatihan. Misalnya saja pelatihan komunikasi di Bhutan dan pelatihan tentang community based. Jambore negara lain yang pernah diikuti Pramuka Indonesia antara lain Jambore di Korsel tahun 2010.

"Saat Jambore di Indonesia, bisa sampai 10 atau 15 anggota Pramuka dari negara lain yang ikut serta. Biasanya kita undang mereka. Kita undang yang dari ASEAN dan negara sahabat," kata Azrul.

(vit/nrl)

Sumber :http://www.detiknews.com/read/2010/09/15/120400/1440908/10/negara-lain-justru-ingin-meniru-pramuka-indonesia

Comments :

0 komentar to “Negara Lain Justru Ingin Meniru Pramuka Indonesia”


Posting Komentar

Pengurus DKC Tanah Datar Masa Ke masa

Album Kenangan Kwarcab Tanah Datar